PKM Pelatihan dan Pembuatan Konten Ajar Interaktif Untuk Menunjang Pembelajaran Bahasa Inggris Jarak Jauh

Salah satu efek dari Pandemi Covid-19 adalah dunia pendidikan yang dipaksa untuk melakukan pembelajaran secara daring. Tantangan untuk para lembaga pendidikan adalah membuat model pembelajaran yang inovatif. Seiring dengan metode belajar yang inovatif untuk lembaga kursus bahasa yang peminatnya dari program-program ini semakin meningkat. Program bahasa online-nya telah diikuti lebih dari 100 siswa dari berbagai kota di Indonesia hingga ke mancanegara seperti Jepang dan Hongkong.

PKM ini memliki komitmen untuk juga membuat bahasa asing dapat dijangkau semua kalangan, sehingga diadakanlah program bahasa Inggris gratis untuk panti yatim/dhuafa di Bandung. Sebagian biaya kursus siswa didonasikan untuk mendukung program sosial ini.

Hal-hal yang ingin dicapai melalui program pengabdian masyarakat ini adalah

  1. Memperkenalkan kepada lembaga kursus Hikari Bridge mengenai online leraning sebagai sarana pendukung pelaksanaan belajar jarak jauh.
  2. Membekali lembaga kursus Hikari Bridge dengan kemampuan penggunaan media online learning dan membuat konten interaktif.
  3. Menjadi sarana persiapan bagi lembaga kursus Hikari Bridge yang harapannya kelak dapat lebih siap mempersiapkan materi ajar blended learning.

Beberapa manfaat yang dirasakan dalam pelatihan ini:

  1. Lembaga Hikari Bridge mampu menggunakan online learning untuk sarana dalam peningkatan pembelajaran.
  2. Merangsang lembaga Hikari Bridge untuk lebih kompetitif dengan era digital saat ini dengan project sederhana seperti konten interaktif.
  3. Memberikan wawasan baru kepada lembaga Hikari Bridge perkembangan blended learning.

Demikian kegiatan PKM ini diadakan untuk menjawab tantangan baru di dunia pendidikan yang harus beralih dengan menggunakan media online sebagai bentuk pembelajaran aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *