Sosialisasi penggunaan board game sebagai alat bantu pembelajaran matematika siswa SD di yayasan rumah yatim Al-Hadiyyin

Sosialisasi penggunaan board game sebagai alat bantu pembelajaran matematika siswa SD di yayasan rumah yatim Al-Hadiyyin.

Matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit bagi sebagian besar siswa, padahal mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang tergolong penting untuk dapat dipahami dan diterapkan oleh siswa dalam menunjang mata pelajaran lainnya di sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar siswa memiliki daya tarik tinggi dalam belajar matematika adalah membuat matematika menjadi lebih sederhana dan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pemberian materi dan latihan soal pun sebaiknya disusun dalam bentuk yang menyenangkan sehingga siswa dapat merasa lebih semangat dalam belajar.  Oleh karena itu metode pembelajaran game based learning dapat dicoba diterapkan sebagai salah satu solusi.

Dengan maksud dan tujuan ini, tim dosen program studi Teknik Industri Universitas Telkom yang beranggotakan Hilman Dwi Anggana, S.Si., M.Si. dan Nopendri Zulkifli, S.Si., M.Si dan beberapa orang mahasiswa mengadakan kegiatan sosialisasi penggunaan board game sebagai alat bantu pembelajaran matematika siswa SD di yayasan rumah yatim Al-Hadiyyin pada hari Kamis, 4 Juli 2019. Melalui game based learning dalam bentuk board game murid Yayasan Al-Hadiyyin akan mendapatkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Beberapa board game yang disosialisasikan diantaranya permainan ular tangga yang dilengkapi soal-soal matematika SD aplikatif, permainan jam pasir yang disertai tebak-tebakan angka, dan lainnya.

Sistem belajar sambil bermain dalam kegiatan sosialisasi ini, membagi murid dalam 4 sampai 5 kelompok berdasarkan tingkatan kelas di sekolah mereka. Masing-masing kelompok akan dipandu oleh 2 orang kakak mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini. Setiap anggota dalam kelompok harus menjawab pertanyaan sesuai dengan hasil dari running nomor yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar murid memiliki keinginan dan antusiasme yang tinggi dalam belajar.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *