Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pendataan Penduduk dan Pengelolaan Fasilitas di RW 17 Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari program pengabdian masyarakat sebelumnya, yaitu perancangan aplikasi pendataan penduduk dan pengelolaan fasilitas. Kegiatan ini dilakukan sebagai tahap implementasi penggunaan aplikasi yang telah dibuat agar dapat bermanfaat bagi masyarakat sasar, yaitu pengurus RT dan RW di RW 17 Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Di awal pandemi covid-19 telah dilakukan dilakukan kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi ini secara online, tetapi mengalami kendala penerimaan dari peserta. Dengan kendala tersebut, maka diselenggarakanlah kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi pendataan penduduk dan pengelolaan fasilitas secara offline.
Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 di Gedung Serba Guna RW 17 Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Kegiatan dihadiri oleh peserta yang merupakan pengurus RT dan RW yang ada di lingkungan RW 17 Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan oleh tim dosen Program Studi Teknik Industri yang terdiri dari Nurdinintya Athari, S.Si., M.T., Afrin Fauzya Rizana, S.T., M.T., dan Augustina Asih Rumanti, S.T., M.T.
Dalam kegiatan ini, dijelaskan bagaimana cara penggunaan aplikasi oleh Bapak Rayinda Pramuditya Soesanto., S.T., M.T. kepada seluruh peserta. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu, diantaranya menu pendataan penduduk, menu pendataan fasilitas RW, menu pendataan satpam dan petugas kebersihan, serta menu pendataan pembayaran iuran warga. Pada menu pendataan penduduk, dapat diisikan data primer pada Kartu Keluarga, data penduduk menetap, serta gambaran infografis penduduk. Sedangkan pada menu pendataan fasilitas dapat diisikan fasilitas yang ada di RW 17, seperti GSG, ruang hijau, sepeda, dll. Pada menu pendataan satpam dan petugas kebersihan dapat diisikan identitas satpam dan petugas kebersihan yang bertugas. Sedangkan pada menu pendataan pembayaran iuran warga dapat mendata progress pembayaran iuran dari warga sehingga dapat dilakukan kontrol terhadap status pembayaran iuran warga.
Pada saat kegiatan sosialisasi, seluruh peserta langsung melakukan praktik penggunaan aplikasi di laptop masing-masing. Para peserta memasukkan sampel data kependudukan yang ada di Kartu Keluarga masing-masing RT dengan dipandu tim dosen dan staf Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom sebagai panitia dari kegiatan ini. Setelah diinputkan beberapa sampel data penduduk, kemudian ditunjukkan bagaimana cara untuk melihat rekap data penduduk per RT maupun per RW. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan mengisikan data fasilitas RW.
Ketua RW 17 menyatakan bahwa peserta merasakan menfaat dari adanya aplikasi ini. Kendala yang dihadapi peserta adalah proses input data setiap Kartu Keluarga cukup membutuhkan waktu dan ketelitian. Ketua RW 17, Avan Fajri, berharap bahwa aplikasi ini dapat terus dikembangkan agar dapat diakses melalui website dan terintegrasi dengan data posyandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *