Penguatan Kebersaingan Produk Batik Griya-Harapan-Difabel Melalui Perbaikan Proses Bisnis Terintegrasi: Branding, Digitalisasi, dan Eletrifikasi Canting

Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Pusat Pelayanan Sosial (PPS) Graha Harapan Difabel (GHD), atau biasa disebut “GHD” saja, merupakan unit dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Jl. Jend. H. Amir Machmud N0. 331, Cibabat, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. GHD merupakan tempat pengembangan potensi bagi penyandang difabel Provinsi Jawa Barat dengan beragam program pelatihan keterampilan sebagai pelaksana tugas Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Salah satu program unggulan GHD adalah program keterampilan merancang dan memproduksi kain batik.

Gambar 1. Lokasi UPTD PPS Griya Harapan Difabel, Dinas Sosial Jawabarat.

Produksi kain batik teman-teman difabel di GHD mempunyai masalah tingkat kebersaingan produk yang masih rendah. Hal ini terungkap pada sesi wawancara dengan Kepala PPS GHD dan diskusi lanjutan dengan para mentor difabel. Dari diskusi-diskusi ini dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya karena belum adanya standar desain yang mencirikan keunikan GHD dan jumlah variasi rancangan motif masih rendah. Lebih dalam lagi, akar masalah tersebut disebabkan oleh dua hal; Pertama, belum ada literasi atau pemahaman yang kuat dari GHD (sebagai unit usaha) dan teman-teman difabel mengenai metode dan konsep pemasaran yang dapat digunakan untuk menciptakan produk batik yang menonjolkan kekhasan GHD, sehingga meningkatkan daya saing usaha. Kedua, proses pembuatan batik saat ini masih dilakukan secara konventional (kertas, pensil, canting kayu, dan kompor) sehingga cenderung kurang cepat dalam mengejawantahkan ide/gagasan sehingga mempengaruhi kemampuan produksi.

Berdasarkan dua masalah diatas, maka kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dari  Agustus s/d Oktober 2023  kali ini menawarkan solusi sbb:

  1. Perancangan referensi baku yang mencirikan kekhasan batik GHD dengan dua kegiatan:
  2. Penggalian karakter produk dan kultur GHD, dimana elemen-elemen desain dari produk-produk batik GHD di identifikasi.
  3. Workshop standar/baku bentuk dan motif batik GHD, dimana Elemen-elemen karakter dan kultur diatas kemudian di sintesa dan diwujudkan dalam bentuk visual sebagai standar baku rupa/bentuk dan warna produk batik GHD.

Gambar 2. Workshop Penggalian Karakter Dan Kultur GHD Untuk Kekhasan Motif Batik GHD.

  1. Pelatihan dan pendampingan perancangan desain batik dengan menggunakan perangkat lunak/software desain dan canting elektrik:
  2. Pelatihan Pengenalan perangkat lunak desain yang berbasis Android sehingga bisa digunakan dimanapun ketika ide motif muncul. Perangkat lunak yang direncanakan untuk digunakan antara lain: ie., Ibis PaintX, PaperDraw dsb.
  3. Implementasi dan pendampingan desain standar motif batik GHD di software desain dengan canting elektrik (cantrik).

Gambar 3. Pelatihan Rancangan Motif Difabel Menggunakan Aplikasi IbisX Paint berbasis Android.

Gambar 4. Implementasi rancangan motif berbasis android menggunakan Canting Elektrik (Cantrik)

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan oleh Yudha Prambudia, Ph.D., Tiara Verita Yastica, M.T., Iqbal Yulizar Mukti, Ph.D dan dua mahasiswa Teknik Industri, Universitas Telkom. Kegiatan ini diikuti oleh para pembatik difabel GHD atas kerjasama dengan Kepala UPTD PPS GHD ibu Dra. Ester Miori Dewayani M.Mpd. yang kemudian dilanjutkan oleh ibu Andina Rahayu S.H. M.H., beserta jajarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *