Meningkatkan Potensi Produksi Keripik Singkong di Desa Sukapura

Prodi S1 Teknik Industri Universitas Telkom telah melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan potensi Desa Sukapura dalam mengolah produksi keripik singkong. Tim pengabdian yang diketuai oleh Dino Caesaron, serta anggota dosen Sheila Amalia Salma dan Yunita Nugrahaini Safrudin, bersama beberapa mahasiswa, berkolaborasi dengan staf dan ibu-ibu PKK Desa Sukapura.

Kegiatan ini diawali dengan focus group discussion (FGD) pada Rabu, 10 Januari 2024, di Kantor Desa Sukapura. FGD ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengguna dalam rangka meningkatkan potensi desa dalam mengolah produksi keripik singkong. Dari hasil FGD tersebut, diketahui bahwa desa membutuhkan pendampingan teknologi tepat guna yang telah diadakan sebelumnya, berupa mesin pengiris singkong dan set burner.

Menindaklanjuti hasil FGD, tim dari Universitas Telkom merancang modul mengenai cara penggunaan kedua alat tersebut. Pelaksanaan kegiatan pendampingan kemudian dilakukan pada tanggal 24 Juni 2024 di Kantor Desa Sukapura. Acara ini dimulai dengan pembukaan dan penjelasan rinci mengenai mesin pemotong singkong dan set burner.

Selanjutnya, diadakan demonstrasi penggunaan kedua alat tersebut. Dimulai dengan demonstrasi mesin pemotong singkong, diikuti oleh penggunaan set burner hingga keripik singkong tersaji dan siap dikonsumsi.

Di akhir kegiatan, dilakukan pencatatan untuk mengetahui umpan balik dari peserta. Berdasarkan umpan balik yang diterima, masyarakat Desa Sukapura merasa sangat terbantu dengan program pelatihan ini. Diharapkan, kegiatan ini dapat mendukung program pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sukapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *