Program Pendampingan Peningkatan Komitmen Pengurus Pemudi Persatuan Islam Dengan Metode Self-Assesment Dan Group Coaching

Performansi yang solid dalam organisasi salah satunya dapat diperoleh melalui komitmen masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Individu yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap organisasi memiliki pengaruh terhadap performansi dan kepuasan kerjanya (Sait, 2017; Syarifin & Atmaja, 2023). Dalam organisasi nirlaba (non-profit organization), sejumlah permasalahan ditemui diantaranya yang terkait komitmen anggotanya terhadap program dan tujuan organisasi. Pemudi Persis merupakan salah satu organisasi nirlaba yang bertujuan menjadi salah satu Lembaga dakwah bagi Masyarakat Indonesia, khususnya bagi para remaja dan dewasa muda. Dengan jumlah pengurus yang berjumlah lebih dari 500 pengurus dan jumlah ribuan jamaah di seluruh Indonesia membuat organisasi ini menjadi salah satu Lembaga yang memiliki peran penting dalam pembangunan SDM di Indonesia khususnya yang terkait masalah agama. Pemudi Persis sendiri merupakan salah satu cabang dari induk organisasi Persatuan Islam yang berdiri pada tahun 1923 di Bandung. Berdasarkan wawancara dengan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemudi Persis, yaitu Farah Fatihah, S.Pd.I., dengan jumlah pengurus yang cukup banyak, tentu memunculkan permasalahan dan dinamika sendiri diantaranya keterlibatan dan komitmen anggota (pengurus) dalam program-program yang ada.

Oleh karenanya, pada program pengabdian Masyarakat kali ini, Kelompok Keahlian Engineering Management Fakultas Rekayasa Industri melaksanakan program pendampingan bagi para pengurus pusat Pemudi Persis, yang diwakili oleh Litasari W. Suwarsono, M.Psi., Psikolog; Dr. Fida N. Nugraha, M.Psi., Psikolog; Dr. Atya N. Aisha, M.T. Program pendampingan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan pendampingan yang dilakukan melalui diskusi pengurus inti dan juga perwakilan KK EM. Tahap kedua, adalah desain program.Program sendiri dibagi dalam dua bagian yaitu tahap refleksi diri dan tahap rekonstruksi komitmen team. Tahap ketiga adalah pelaksanaan program dan terakhir adalah tahap evaluasi.

Pelaksanaan program dilaksanakan di Kantor Pengurus Pusat Pemudi Persis , Jalan Kalipah Apo No.145C/22 Bandung pada tanggal 28 Desember 2023. Saat pelaksanaan juga dilakukan self assessment untuk melihat komitmen masing-masing individu, setelah itu refleksi diri mengenai hal yang bisa dan perlu diperbaiki untuk memperkuat komitmen dalam terus melaksanakan program dan terakhir peserta bersama-sama melakukan komitmen bersama setidaknya sampai kepengurusan berakhir. Terdapat 9 kesepakatan perilaku dan nilai yang disepakati yaitu : Fast Response, In Time, dan 7T (Tadabur, Tafakur, Tafahum, Tabayun, Tidak Tasahul, Takaful dan Ta’awun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *