Pandemi Covid19 berdampak pada pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner, karena terbatas berbagai pembatasan untuk operasional penjualan secara langsung. Salah satu cara yang diperlukan untuk UMKM Kuliner dapat bertahan di masa pandemic adalah memanfaatkan media pemasaran digital untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Namun, UMKM memiliki kendala mengenai cara memperoleh pelanggan melalui media online, bagaimana menampilkan produk-produk secara online untuk menarik minat pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara foto yang ditampilkan pada iklan di media sosial dengan keinginan pelanggan untuk membeli produk kuliner tersebut.

Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom (terdiri dari dosen Fida Nirmala Nugraha, Litasari Widyastuti, dan Atya Nur Aisha, serta mahasiswa Tel-U Dea, Sabilla, dan Alif), telah mengadakan beberapa kegiatan pembinaan UMKM binaan BUMDes Buah Batu sebelumnya melalui penyusunan video e-learning terkait pengelolaan usaha bagi pelaku UMKM. Untuk menunjang keberlanjutan pengembangan program UMKM, kami mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital pelaku UMKM melalui pelatihan online tutorial Basic Food Photography.

Kegiatan pelatihan secara synchronous dilakukan secara virtual melalui media Zoom pada tanggal 18 September 2021, dengan dihadiri oleh 17 peserta UMKM binaan BUMDes Buah Batu. Peserta memiliki partisipasi aktif dalam mengeksplor dan memberikan pertanyaan mengenai tips dan trik untuk menghasilkan foto yang menarik. Materi pelatihan disampaikan oleh Ibu Devi Pratami yang telah memegang sertifikat keahlian terkait Food Photography. Bagi peserta yang berhalangan hadir, materi pembelajaran dan video pembahasan juga diberikan pada link media pembelajaran di link website Klinik Kreatif. Berdasarkan feedback yang diberikan dari peserta pelatihan, 100% peserta memberikan respon yang positif mengenai konten kegiatan pengabdian masyarakat sudah sesuai dengan kebutuhan dari peserta kegiatan. Hasil dari cuplikan foto produk peserta pelatihan diperlihatkan pada Gambar berikut.

Pada kegiatan ini terjalin kemitraan antara pihak akademisi dan pelaku UMKM untuk saling berbagi pengalaman dan mengembangkan kemampuan pemasaran digital produknya melalui pendekatan Food Photography. Melalui penampilan foto produk yang menarik diharapkan dapat meningkatkan minat bagi para pelanggan untuk membeli produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM binaan BUMDes Buah Batu. Feedback positif dan antusiasme dalam pelaksanaan kegiatan workshop dapat menjadi indikator pelaksanaan dari program Pengabdian Masyarakat yang diusulkan. Kedepan diharapkan kegiatan ini masih dapat berlanjut dan berkesinambungan dalam pengembangan UMKM yang dapat mendukung keberlanjutan sektor ekonomi dan sosial di wilayah sekitar.

 

Tinggalkan Balasan