Pengabdian masyarakat Universitas Telkom merupakan program rutin yang diselenggarakan dalam rangka dosen mengemban salah satu darmanya. Pada tahun 2022-2023 ini, Universitas Telkom melakukan Kerjasama program Pengabdian Masyarakat dengan Perkumpulan Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) yang dahulu dikenal dengan Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah Kab.Bandung. PPKM telah membina dan mengelola setidaknya sebanyak 300 UMKM yang tersebar di 31 Kecamatan se-Kabupaten Bandung dengan berbagai jenis usaha yang berbeda-beda.
Kali ini kegiatan Pengabdian Masyarakat diusung dengan nama PLATINUM (Pelatihan Digitalpreneuship untuk UMKM). Dengan dikoordinasi langsung oleh tim Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom dan juga PPKM yang diwakili oleh Pak Danny Syarif. Kegiatan PLATINUM terbagi ke dalam beberapa bagian. Bagian pertama adalah pelatihan Capacity Building yang diikuti oleh 180 peserta UMKM binaan PPKM. Selanjutnya 180 peserta UMKM tersebut dibagi kedalam 3 kelompok level kemampuan yaitu Beginner, Intermediate dan Advanced. Setiap kelompok level kemampuan terbagi ke dalam 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B. Salah satu topik permasalahan yang menjadi fokus Abdimas kali ini adalah Manajemen Pemasaran. Materi manajemen pemasaran dibutuhkan sebagai salah satu rangkaian PLATINUM untuk mendukung kemampuan akses pasar dan peningkatan daya saing UMKM. Adapun materi manajemen pemasaran yang diberikan melalui pelatihan ini diantaranya adalah (1) 9 Elemen Inti Pemasaran, (2) Segmenting, Targeting, Positioning, (3) Membangun Diferensiasi, (4) Merancang Bauran Pemasaran, (5) Selling Skills & Closing Techniques, (6) Strategi Membangun Merek/Brand, (7) Pelayanan Prima & Menangani Keluhan Pelanggan dan (8) Mengembangkan Saluran Distribusi Pemasaran. Beberapa dosen yang terlibat diantaranya Ibu Sari Wulandari, M.T.; Ibu Dr. Atya N. Aisha, M.T.; Ibu Litasari W. S., M.Psi., Ibu Dr. Yati R., M.T., Bapak Dr. Agus Achmad S., M.T., Bapak Yudha P., Ph.D; Bapak Ir. Budhi Yogaswara, M.T.; dan Bapak Dr. Husni Amani, M.Sc.
Setidaknya terdapat 83% (25 orang) peserta yang hadir dari 30 peserta yang diundang hadir pada acara Pelatihan Manajemen Pemasaran ini yang berlangsung sejak tanggal 11-13 Mei 2023 di Grha Wiyata Cacuk Sudarijanto Universitas Telkom. Seluruh peserta yang ada umumnya menyatakan puas dengan rangkaian pelatihan yang diberikan. Berbagai metode, seperti simulasi, refleksi diri, ceramah, games , diberikan untuk membuat peserta memahami dan selanjutnya dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan berlangsung. Sebanyak 88% peserta menyatakan bahwa materi dapat diterima dengan baik, dan sisanya menyatakan netral. Mengenai adanya kebutuhan untuk kegiatan seperti ini kedepannya, seluruh peserta menyatakan setuju/ sangat setuju bila kegiatan ini diselenggarakan kembali di masa yang akan datang. Dengan adanya umpan balik yang positif dari peserta, diharapkan ke depannya peserta dan juga Universitas Telkom dengan program PLATINUM nya akan membuat serangkaian program di berbagai bidang yang terkait pengembangan UMKM, seperti pendampingan untuk pemasaran digital serta pengemasan produk yang lebih menarik.