Kurikulum

Proses penentuan struktur kurikulum dilakukan dengan berdasarkan pengurutan tingkatan yang memungkinkan pencapaian kompetensi secara berurutan. Organigram/peta keterkaitan mata kuliah dibuat untuk menggambarkan keterkaitan antar mata kuliah pada setiap semesternya. Gari-garis yang terhubung menggambarkan keterkaitan mata kuliah prasyarat dengan mata kuliah pada semester sebelumnya. Berikut bagan keterkaitan mata kuliah (organigram) Mata Kuliah Kurikulum Prodi Teknik Industri 2016:

Kurikulum Prodi Teknik Industri 2016 revisi 2018 memiliki komposisi berdasarkan BKSTI dan IABEE. Kurikulum Prodi Teknik Industri sudah mencakup bidang-bidang berikut dengan prosentasenya:

  • Matematika dan ilmu pengetahuan alam yang terkait program (20 %)
  • Ilmu dan teknologi rekayasa yang terkait program (40 %)
  • Teknologi informasi dan komunikasi (97%)
  • Desain teknik dan eksperimen berbasis masalah (45%)
  • Pendidikan umum, mencakup moral, etika, sosial budaya, lingkungan, dan manajemen (21%)

Kurikulum Program Studi S1 Teknik  Industri memberi perhatian dan waktu yang cukup untuk masing- masing komponen, sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan, mencakup:

  • 20 % kombinasi matematika & ilmu-ilmu dasar tingkat PT (beberapa dengan pengalaman eksperimental) sesuai dengan disiplinnya.
  • 79 % topik keteknikan, terdiri dari ilmu teknik & rekayasa desain sesuai dengan bidang studi. Ilmu teknik memiliki akar dalam matematika dan ilmu-ilmu dasar namun dikembangkan lebih lanjut menjadi penerapan yang kreatif. Desain rekayasa adalah proses merancang sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Ini adalah proses pengambilan keputusan yang menerapkan ilmu-ilmu dasar, matematika, dan ilmu-ilmu rekayasa untuk mengkonversi sumber daya secara optimal.
  • 21 % terdiri dari pendidikan umum yang melengkapi muatan teknis kurikulum dan yang konsisten dengan capaian pembelajaran

Struktur mata kuliah kurikulum 2016 disiapkan dalam tiga skema, yaitu skema perkuliahan reguler (8 semester) , skema perkuliahan 3,5 tahun (untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, agar memberi kesempatan untuk lulus lebih cepat), dan skema Fast Tract (untuk mahasiswa yang akan mengambil program Strata 2 di Prodi S2 Teknik Industri Univ. Telkom).

Skema reguler, perkuliahan disusun dalam 8 semester (4 tahun) sesuai ketentuan dari Dikti, dengan memperhatikan beban persemesternya tidak lebih dari 20 SKS , dan maksimal 6 mata kuliah diluar mata kuliah praktikum. Strukturnya adalah sebagai berikut:

Skema perkuliahan 3,5 tahun (untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, agar memberi kesempatan untuk lulus lebih cepat), dan skema Fast Tract (untuk mahasiswa yang akan mengambil program Strata 2 di Prodi S2 Teknik Industri Univ. Telkom).