Laboratorium Sispromasi merupakan laborotorium yang mempelajari dua bidang, yakni Sistem Produksi dan Otomasi. Sistem Produksi sendiri merupakan system untuk membuat barang mentah (raw material) menjadi barang jadi (finished goods) dengan memberikan nilai tambah, nilai tambah disini dapat berarti meminimalkan ongkos produksi dengan cara meminimalkan adanya pemborosan atau 7 waste dan prinsip prinsip lainnya seperti Lean Manufacture. Otomasi sendiri merupakan kegiatan mengotomasikan mesin yang awalnya manual menjadi otomatis. Kaitan lab ini sesuai dengan apa yang kita pelajari di Teknik Industri, yaitu Design, Install and Improvement.

Labarotorium Sispromasi juga mengadakan event tiap tahun, yaitu rekruitasi Research Group yang akan melakukan riset bersama dengan asisten laboratorium dalam melakukan riset Laboratorium ini juga bekerjasama dengan Asisten Riset Otomasi, BPST (Basic Production System Training) yaitu melakukan simulasi sistem produksi dengan menganalisa permasalahan dan bagaimana untuk meng-improve sistem tersebut dan yang terakhir adalah BAT (Basic Automation Training), yaitu pelatihan di bidang otomasi.

Aktivitas Laboratorium

Fokus utama kegiatan dari Laboratorium SISPROMASI yakni berupa Riset dan pengembangan dan . praktikum Sistem Produksi yang diikuti matakuliah P3 (Perencanaan dan Pengendalian Produksi). Selain riset dan praktikum, kegiatan lain dari lab SISPROMASI yakni kunjungan industri, benchmark, dan pengabdian masyarakat.

Mata Kuliah yang bersangkutan

P3 ( Perencanaan dan Pengendalian Produksi)

 

Contact Sispromasi Laboratory

Raditiana             (085722136736)
Reza Prasetya    (081281315054)