Selamat Datang di Website Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Telkom

Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom adalah Program Studi Teknik Industri yang mengkhususkan pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang berdiri tanggal 28 September 1990, dan merupakan salah satu Program Studi yang pertama berdiri di Universitas Telkom (dahulu Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, kemudian Institut Teknologi Telkom). Program Studi Teknik Indusri Universitas Telkom terkareditasi A dengan No. SK. 065/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2015.

 

Kurikulum pada Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom dirancang dengan total 145 SKS yang ditempuh dalam 4 tahun/8 semester. Pada tingkat I mahasiswa dibekali dengan matakuliah dasar untuk keilmuan Teknik, tingkat II mahasiswa dibekali matakuliah yang relevan dengan bidang Teknik Industri, sementara pada tingkat III mahasiswa dibekali matakuliah perancangan yang mengintegrasikan matakuliah yang telah di dapat pada tahun-tahun sebelumnya dan pada tingkat IV mahasiswa dibekali dengan matakuliah pilihan yang diminati oleh mahasiswa sebagai pendukung pengerjaan Tugas Akhir dan mengasah keterampilan.

 

Program studi Teknik Industri Universitas Telkom bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang kuat pada aspek sistem terintegrasi dan teknik industri dengan kompetensi yang baik. Program studi Teknik Industri Universitas Telkom menghasilkan lulusan dalam 3 kategori:

  1. Pegawai, yaitu lulusan yang memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai anggota/pemimpin di manajemen tingkat awal dengan menerapkan kompetensi dibidang Teknik Industri,
  2. Studi lanjut, yaitu lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan secara terus-menerus serta mampu untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggai dibidang Teknik Industri atau bidang lain masih sesuai dengan kompetensi Teknik Industri.
  3. Wirausahawan, yaitu lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur, yang mampu membuat lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan orang lain, yang memiliki kemampuan untuk membuat usaha dengan menerapkan kompetensi dibidang teknik industri.

 

Kurikulum Program Studi Teknik Industri adalah kurikulum dengan pendekatan berbasis kompetensi yang menggunakan kerangka kerja yang sesuai dengan kurikulum dari DIKTI, ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia).

 

Semoga Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom terus berkarya dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia .

 

Salam,

Ari Yanuar Ridwan, S.T., M.T.

Ketua Program Studi Teknik Industri

Universitas Telkom