Laboratorium proses manufaktur, merupakan laboratorium baru yang di dirikan pada tahun 2011 dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran bagi mahasiswa teknik industri bagaimana teknik dasar dalam pembuatan produk yang dapat di produksi secara massal. Laboratorium ini memliki satu buah Haas CNC Milling Machine, Haas CNC Turning Machine, dan 4 buah Advance engraving CNC Milling Machine yang di dukung dengan sebuah Bencwork Area yang lengkap dan 6 buah Haas Simulator. Penerapan k3 yang selalu diperbaiki di laboratorium proses manufaktur menjadikannya sebagai pilot project untuk sistem keamanan kerja fakultas yang dimulai pada semester ganjil tahun 2017/2018.

Berbagai macam produk yang telah dihasilkan oleh lab ini, diantara nya adalah special nut dengan sistem produksi massal yang menggunakan teknik CNC (Computer Numerical Controller). Produk massal yang di produksi selanjutnya adalah wooden handle atau grip untuk panahan dengan menggunakan teknik produksi menggunakan CNC dan didukung oleh benchwork.

kegiatan di dalam laboratorium proses manufaktur yang disiplin dan selalu membuat inovasi merupakan langkah laboratorium ini untuk mencapai visi nya, yaitu “Menjadi Pusat Kegiatan Praktikum dan Penelitian Di Bidang Kajian Proses Manufaktur Yang Inovatif dan Produktif.” Dengan misi :

  1. Menyelenggarakan Praktikum Yang Menarik Dan Inovatif Untuk Mendukung Pemahaman Materi Perkuliahan
  2. Melaksanakan Penelitian, Kompetisi, dan Pelaksanaan Tugas Akhir di Bidang Manufaktur
  3. Melaksanakan Pelatihan, Sertifikasi, dan Kerjasama Industri

 

Program kerja yang dimiliki oleh laboratorium proses manufaktur adalah

  1. Praktikum
  2. Prosman Advance Program (Research Group)
  3. Kunjungan Industri
  4. Maintenance Mesin
  5. Study banding
  6. Pelatihan eksternal