26 Mar 2019

Pengabdian Masyarakat Dosen Program Studi Teknik Industri “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan”

Disamping melaksanaan pengajaran, kewajiban dosen adalah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau dikenal dengan tridarma perguruan tinggi. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Teknik Industri  Universitas Telkom adalah melakukan pedampingan peningkatan kemampuan pembelajaran IPA berbasis e-learning di Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 Pancalang Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Industri Ari Yanuar Ridwan dan diikuti oleh 6 orang Dosen pendamping lainnya. Dalam kegiatan ini diberian bantuan peningkatan kapasitas laboratorium IPA seperti sejumlah KIT Demonstrasi Fisika untuk praktek siswa hingga pelatihan (Workshop) untuk Para Guru.

Bentuk kegiatan dari Program Pengabdian Masyarakat ini akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan target pekerjaan dari masing-masing Tim PkM.

Pembagian Tugas dan Kegiatan setiap TIM, adalah sebagai berikut:

Tim 3 (Pengembangan sistem e-Learning)

  • Analisis e-learning system berbasis moodle
  • perancangan e-learning system berbasis moodle
  • customization e-learning system berbasis moodle
  • Pengujian sistem e-learning

Tim 2 (Pengembangan konten pelajaran IPA berbasis e-learning)

  • Merancang Mata Pelajaran IPA berbasis e-lerning (tujuan, deskprisi, dll)
  • Sotryboard (slide, navigasi, on-screen, narration script)
  • Upload ke sistem e-learning

Tim 1 (pelatihan dan evaluasi sistem)

  • Sosialisasi dan pelatihan ke guru-guru
  • Sosialisasi dan pelatihan ke siswa
  • menyiapkan form feedback dan evaluasi

Dengan kegiatan ini diharapakan bisa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran di Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 Pancangan Kuningan.

 

 

 

Keberlanjutan Program

Sistem e-learning ini selanjutnya akan digunakan dan dikembangkan di lingkungan Pondok Pesantren Husnul Khotimah dalam menunjang proses pembelajaran bukan hanya untuk mata pelajaran IPA namun juga untuk mata pelajaran lain misalnya mata pelajaran diniyah. Tim dari Universitas Telkom akan terus memonitor dan melakukan evaluasi implementasi sistem e-learning ini karena sesuai dengan roadmap pengabdian pada tahap selanjutnya akan coba untuk diimplementasikan melibatkan lebih dari satu sekolah sehingga terjadi suatu kolaborasi.

Selanjutnya sesuai dengan roadmap peneliti, secara umum roadmap pengabdian dengan tema E-Learning Open Access  Untuk Pendidikan Menengah Tingkat Jawa Barat 2025 terbagi ke dalam 5 tahap:

Tahap I (208-2019) Planning and Implementation (School-Wide)

Tahap Perencanaan dan implementasi e- Learning di Salah Satu Sekolah Percontohan (2018-2019)

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di salah satu sekolah percontohan (Pondok Pesantren husnul Khotimah) -> E-learning system berbasis moodle, content development, training for trainer.

Tahap II (2019-2021) Evaluation&Improvement (School-Wide) -> Mitra: satu Sekolah Percontohan

Tahap evaluasi dan perbaikan dari implementasi sistem e-learning di sekolah unggulan pada tahap sebelumnya (2019-2021).

Evaluasi dan perbaikan, penambahan konten, pelatihan, pengukuran efektivitas, monitoring dan dokumentasi siklus pertama dalam implementasi di satu sekolah

Tahap III (2021-2022) Planning and Implementation (Inter-Schools-Wide)

Tahap Perencanaan dan implementasi e- Learning di Salah Satu kabupaten Percontohan  (2020-2022)

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di salah satu sekolah percontohan (di tingkat kabupaten)

E-learning system untuk skala kabupaten, content delopment, training for trainer di tingkat kabupaten

Tahap IV (2023-2024) Evaluation&Improvement (Inter-Schools-Wide) -> Open Acess -> Kolaborasi Beberapa Sekolah Dalam Satu Kabupaten

Tahap evaluasi dan perbaikan dari implementasi sistem e-learning di kabupaten percontohan pada tahap sebelumnya (2023-2024)

Evaluasi dan perbaikan, penambahan konten, pelatihanan, pengukuran efektivitas, monitoring dan dokumentasi siklus pertama dalam implementasi di salah satu kabupten

Tahap V (2025) Final Stage: Implementasi e-Learning di Sekolah Menengah (Tingkat Jawa Barat) -> Mitra: Dinas Pendidikan Provinsi

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di tingkat jawa barat

E-learning system berbasis moodle, content delopment, training for trainer di tingkat jawa barat