1. Lab Gambar Teknik – Deskripsi Laboratorium Gambar Teknik dan Studio Desain adalah sebuah laboratorium yang berada di bawah naungan Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom. Sesuai namanya, kegiatan di lab ini berfokus pada bidang kajian gambar mesin dan perancangan produk. Setiap semester ganjil pada kalender akademik institusi, lab menyelenggarakan praktikum Menggambar Teknik sebagai pelengkap mata kuliah Menggambar Teknik. Pada praktikum tahun ini, software yang digunakan adalah DS SolidWorks. Namun untuk riset software dan sistem yang digunakan adalah AutoCAD, Inventor, 3Ds Max, Revit, DS Catia, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Adobe Dreamweaver, Adobe Illustrator, Corel Draw, Mikrotik, Cisco, Linux, dan Joomla.
    – Research Group & Competition: VIGNETTE
    – Info  Website (gtx.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@GTXLab),  Facebook (Laboratorium Gambar Teknik)
  1. Lab APK&E – Deskripsi Laboratoriun analisis perancangan kerja dan ergonomi adalah laboratorium yang berfokus pada kajian pengukuran beban kerja yang baik pada operator. Kegiatan utama laboratorium adalah praktikum dan riset. ELP atau ergonomic learning partner adalah research group yang dimiliki oleh laboratorium ini. Software yang digunakan oleh apk antara lain ms excel, rula, reba, dan ergodesire.
    – Research Group & Competition: Ergonomic Learning Partner (ELP)
    – Info  Website (apk.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@APKdanE),  Facebook (Laboratorium Apk dan Ergonomi)
  1. Lab SIPO – Deskripsi Laboratorium Statistika Industri dan Penelitian Operasional (SIPO) bergerak dalam bidang statistika dan penelitian operasional yang diaplikasikan dalam penelitian serta praktikum. Selain itu, lab ini memiliki fasilitas untuk mendukung dan memfasilitasi mahasiswa yang tertarik pada bidang statistika dan penelitian operasional dalam sebuah study group. Ilmu yang dikaji di Laboratorium SIPO yaitu Probabilitas dan Statistika, Statistika Industri, Penelitian Operasional I & II
    – Research Group and Competition: Study Group SIPO Laboratory
    – Info  Website (sipo.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@Fordisk_SIPO),  Facebook (SIPO Lab)
  1. Lab SISPROMASI – Deskripsi Laboratorium Sispromasi memiliki dua fokus kajian yaitu pada bidang sistem produksi dan otomasi. Sistem produksi mempelajari teknik yang ada dalam manufaktur: Just in Time, Lean Manufacturing, Peramalan, Line Balancing, dll. Otomasi mempelajari otomatisasi yang ada di industri meliputi, Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), Pneumatic & Electropneumatic, dll.
    – Research Group and Competition: RG Sispromasi
    – Info Website (sispromasi.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@sispromasi)
  1. Lab PROSMAN – Deskripsi Laboratorium Proses Manufaktur adalah laboratorium yang berfokus pada kajian proses manufaktur, yang efektif dan produktif. Kegiatan utama laboratorium ini adalah menyelenggarakan praktikum proses manufaktur yang menarik bagi mahasiswa teknik industri di semester 4 untuk mendukung pemahaman materi perkuliahan. Disini mahasiswa belajar bagaimana suatu produk dapat terbentuk dimulai dari proses desain, perencanaan, pemilihan material, pemilihan tools, mendefinisikan proses permesinan yg dibutuhkan, dan yang terakhir proses assembly dan finishing sehingga terbentuklah produk sesuai keinginan yang memiliki nilai tambah. Kemudian, kegiatan lainnya adalah melakukan riset dengan diselenggarakannya research group yg bernama Prosman Advance Program, menjalin kerjasama industri, serta kegiatan terkait dengan proses manufaktur yang ditunjang dengan menggunakan mesin CNC dan HAAS Simulator.
    – Research Group and Competition: Prosman Advance Program (PAP)
    – Info: Website (sispromasi.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@sispromasi),
  1. Lab PFT – Deskripsi Laboratorium Perancangan Fasilitas Telekomunikasi (PFT) adalah Laboratorium dibawah naungan Fakultas Rekayasa Industri yang memiliki dua cabang keilmuan, yaitu Perancangan Tata Letak Fasilitas (PTLF) dan Geographical Information System (GIS). Laboratorium PFT adalah sarana penyelenggara praktikum PTLF yang diperoleh pada semester 6, sedangkan untuk keilmuan GIS terdapat pada sektor riset.
    – Research Group and Competition: RG PFT
    – Info: Website (labpft.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@pftlabz) Facebook (Laboratorium PFT)
  1. Lab TEKMI – Deskripsi Lab Techno Ekonomi (TEKMI) adalah lab dibawah prodi TI yg fokus di bidang bisnis plan dan bisnis development. Bernaung dibawah Kelompok Keahlian E-Management, lab tekmi ini mengampu praktikum Perencanaan Bisnis. Untuk pengembangan, lab ini melaksanakan kegiatan Business Research dan mengikuti kompetisi-kompetisi di bidang bisnis. – Research Group and Competition: RSCM Senior & RSCM Junior
    – Info: Website (tekmilab.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@tekmilab)
  1. Lab SIMBI – Deskripsi Laboratorium Simulasi Bisnis (SIMBI) merupakan salah satu laboratorium yang berada di Fakultas Rekayasa Industri Telkom University. Laboratorium Simulasi Bisnis bergantung jawab untuk melaksanakan kegiatan praktikum untuk mata kuliah Simulasi Komputer.
    – Research Group and Competition: SCOREP
    – Info: Website (simbilab.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@simbilab)
  2. Lab P-DEV – Deskripsi Product Development Laboratory (P-DEV) atau Laboratorium Perancangan Produk adalah laboratorium teknik industri yang fokus pada bidang perancangan produk. Aspek desain, instalasi dan perbaikan terhadap sistem integral yang menjadi ciri Teknik Industri menjadi acuan dalam pengembangan keilmuan di bidang perancangan produk. Laboratorium Perancangan Produk menyelenggarakan kegiatan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat dan berbagai kegiatan lainnya, Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kemampuan mahasiswa, pengembangan keilmuan di bidang perancangan produk serta pemanfaatan kemampuan di bidang perancangan produk kepada masyarakat.
    – Research Group and Competition: RG PDEV AMIGO
    – Info: Website (pdev.bie.telkomuniversity.ac.id), Twitter (@pdevlab)