1. Keprofesian ISO Keprofesian yang dibentuk pada tahun 2012 ini merupakan kelompok keahlian yang berfokus pada Quality Management System berbasis ISO 9001:2008. Kegiatan yang dilakukan di Keprofesian ISO, yaitu Pelatihan (Pelatihan Awareness ISO 9001:2008 dan Pelatihan Audit Mutu Internal), Penelitian (penelitian dan diskusi terkait perancangan dan perbaikan Sistem Manajemen dan pengenalan terhadap standar ISO 9001:2008 maupun standar lain), Proyek (proyek terkait perancangan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2008 maupun dengan standar lain sesuai dengan kebutuhan klien.)
  2. Keprofesian Kewirausahaan Keprofesian kewirausahaan merupakan sebuah keprofesian yang menjadikan tempat bagi mahasiswa telkomuniversity yang memiliki keminatan di bidang entrepreneurship. Pada dasarnya diperuntukan sebagai media untuk mahasiswa telkomuniversity sebagai ajang sharing dalam membuat atau mengimplementasikan sebuah perencanaan bisnis menjadi sebuah bisnis yang sesungguhnya.
  3. Keprofesian E-SCC ERP Supply Chain Center berada dibawah naungan Kelompok Bidang Keprofesian (KBK) E-Promize Fakultas Rekayasa Industri. Keprofesian ini membahas tentang logistik dan supply chain. beberapa matakuliah yang harus dambil di keprofesian ini adalah manajemen rantai pasok, sistem manajemen pergudangan, dan transportasi. Sertifikasi yang ditawarkan oleh keprofesian ini kepada mahasiswa adalah Certified International Supply Chain Student (CISCS).
  4. Keprofesian PDE Keprofesian PDE (Product Design and Ergonomic) Universitas Telkom merupakan keprofesian yang memiliki konsentrasi keahlian pada desain produk. Dalam hal untuk menunjang konsentrasi keahlian tersebut, kompetensi yang menjadi fokus utama keprofesian ini adalah kompetensi menggunakan software SolidWorks yang merupakan perangkat lunak untuk digunakan dalam merancang desain produk.
  5. Keprofesian Otomasi Pada era globalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu perkembangan otomasi. Automated Storage And Retrieval System (AS/RS) merupakan salah satu pengaplikasian sistem otomatisasi pada pergudangan. Keprofesian otomasi yang berada di bawah naungan Fakultas Rekayasa Industri memiliki fungsi untuk meningkatkan keahlian mahasiswa dalam bidang otomasi industri khususnya yang berkaitan dengan perancangan otomatisasi sistem manufaktur yang berdiri sendiri maupun terintegrasi. berdasarkan fungsi tersebut maka dapat dikatakan model pembelajaran mengenai AS/RS sesuai diaplikasikan dalam salah satu kajian yang terdapat dalam keprofesian ini. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan suatu simulasi yang dapat digunakan sebagai simulator AS/RS pada keprofesian ini.
  6. Keprofesian Marketing Keprofesian marketing adalah wadah yang mengumpulkan dan memfasilitasi kumpulan mahasiswa Telkom University yang memiliki minat bekerja di bidang marketing. Dalam wadah keprofesian marketing, mahasiswa akan diberi bekal pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang marketer profesional. Pembekalan dilakukan melalui program formal seperti kuliah, geladi, kerja praktik, dan Tugas Akhir (TA). Sedangkan untuk kegiatan informal meliputi training (IMAscTelkomUnivresity), seminar, dll. Pada akhir program mahasiswa akan diikutsertakan dalam sertifikasi Indonesia Certified Profesional Marketer (ICPM) dari Indonesia Marketing Association (IMA).
  7. Keprofesian IBRR IBRR adalah singkatan dari ICT Business Regulation Research center atau kini disebut juga Business Analyst. IBRR adalah sebuah keprofesian mengenai bisnis pada umumnya dan juga bisnis berbasis ICT dengan mempertimbangkan regulasi pada khususnya. IBRR merupakan keprofesian helicopter view dengan bidang cakupan dari mulai ekonomi, bisnis, simulasi, sistem, akuntansi, teknologi, dan juga regulasi dengan mata kuliah wajib regulasi telekomunikasi, pentarifan, dan manajemen teknologi. IBRR adalah keprofesian terbaik bagi siapapun yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis dalam skala kecil, menengah, ataupun besar karena disini kita belajar mengenai business model, business plan, business simulation, business idea, dll.
  8. Keprofesian Human Capital Keprofesian Human Capital lahir dari peluang kesempatan kerja yang bright outlook untuk masa yang akan datang. Dari tracer study didapatkan bahwa 15% alumni TI Telkom University merupakan HR profesional. Kenyataan saat ini banyak area di Human Capital memerlukan keahlian Teknin Industri. Sistem perusahaan yang dinamis dengan SDM sebagai komponen pentingnya memerlukan pengelolaan yang bersifat integral untuk mencapai proses yang harmoni. Dengan motto “Turning Dynamic Process into Harmony”, keprofesian Human Capital ini siap mencetak calon HR profesional dengan kemampuan mendesain sistem pengelolaan SDM menjadi lebih efektif dan efisien.