24 Agu 2019

Implementasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Ar-Ruhama

Metode Pelaksanaan Kegiatan

Bentuk kegiatan dari Program Pengabdian Masyarakat ini akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan target pekerjaan dari masing-masing Tim PkM.

Pembagian Tugas dan Kegiatan setiap TIM, adalah sebagai berikut:

  1. Tim 3 (Pengembangan sistem e-Learning)
  • Analisis e-learning system berbasis iSpring
  • perancangan e-learning system berbasis iSpring
  • customization e-learning system berbasis iSpring
  • Pengujian sistem e-learning
  1. Tim 2 (Pengembangan konten pelajaran IPA berbasis e-learning)
  • Merancang Mata Pelajaran IPA berbasis e-lerning (tujuan, deskprisi, dll)
  • Sotryboard (slide, navigasi, on-screen, narration script)
  • Upload ke sistem e-learning
  1. Tim 1 (pelatihan dan evaluasi sistem)
  • Sosialisasi dan pelatihan ke guru-guru
  • Sosialisasi dan pelatihan ke siswa
  • menyiapkan form feedback dan evaluasi

 

Partisipasi Mitra Dalam Pelaksanaan Program

kegiatan PkM ini akan bekerja secara bertahap terdasarkan pembagian tugas dalam tiga tim di atas.  MTs Ar-Ruhama  sebagai mitra, dilibatkan dalam setiap tahapan kegiatan untuk bisa mendapatkan hasil sesuai yang dibutuhkan oleh mitra.

 

Berikut ini partisipasi yang dilakukan oleh pihak mitra MTs Ar-Ruhama sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh setiap tim:

  1. Tim 3 (Pengembangan sistem e-Learning)
  • Mitra membantu untuk menyiapkan data untuk kepentingan analisis e-learning system berbasis iSpring
  • Mitra membantu untuk menyiapkan SOP untuk kepentingan perancangan e-learning system berbasis iSpring
  • Mitra membantu untuk kepentingan pengujian sistem e-learning
  1. Tim 2 (Pengembangan konten pelajaran IPA berbasis e-learning)
  • Mitra membantu untuk merancang Mata Pelajaran IPA berbasis e-lerning (tujuan, deskprisi, dll)
  • Mitra membantu untuk membuat sotryboard (slide, navigasi, on-screen, narration script)
  • Mitra membantu untuk melakukan upload ke sistem e-learning
  1. Tim 1 (pelatihan dan evaluasi sistem)
  • Mitra membantu untuk dalam rangka sosialisasi dan pelatihan ke guru-guru
  • Mitra membantu untuk dalam rangka sosialisasi dan pelatihan ke siswa
  • Mitra membantu untuk mengisi form feedback dan evaluasi

Keberlanjutan Program

Sistem e-learning ini selanjutnya akan digunakan dan dikembangkan di lingkungan  MTs Ar-Ruhama  dalam menunjang proses pembelajaran bukan hanya untuk mata pelajaran IPA namun juga untuk mata pelajaran lain misalnya mata pelajaran diniyah. Tim dari Universitas Telkom akan terus memonitor dan melakukan evaluasi implementasi sistem e-learning ini karena sesuai dengan roadmap pengabdian pada tahap selanjutnya akan coba untuk diimplementasikan melibatkan lebih dari satu sekolah sehingga terjadi suatu kolaborasi. Dimana konten iSpring ini kemudian dikembangkan menjadi konten di Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle.

 

Selanjutnya sesuai dengan roadmap peneliti, secara umum roadmap pengabdian dengan tema E-Learning Open Access  Untuk Pendidikan Menengah Tingkat Jawa Barat 2025 terbagi ke dalam 5 tahap:

Tahap I (208-2019) Planning and Implementation (School-Wide)

Tahap Perencanaan dan implementasi e- Learning di Salah Satu Sekolah Percontohan (2018-2019)

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di salah satu sekolah percontohan (MTs Ar-Ruhama) -> E-learning system berbasis Moodle, content development, training for trainer.

Tahap II (2019-2021) Evaluation&Improvement (School-Wide) -> Mitra: satu Sekolah Percontohan

Tahap evaluasi dan perbaikan dari implementasi sistem e-learning di sekolah unggulan pada tahap sebelumnya (2019-2021).

Evaluasi dan perbaikan, penambahan konten, pelatihan, pengukuran efektivitas, monitoring dan dokumentasi siklus pertama dalam implementasi di satu sekolah

Tahap III (2021-2022) Planning and Implementation (Inter-Schools-Wide)

Tahap Perencanaan dan implementasi e- Learning di Salah Satu kabupaten Percontohan  (2020-2022)

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di salah satu sekolah percontohan (di tingkat kabupaten)

E-learning system untuk skala kabupaten, content delopment, training for trainer di tingkat kabupaten

Tahap IV (2023-2024) Evaluation&Improvement (Inter-Schools-Wide) -> Open Acess -> Kolaborasi Beberapa Sekolah Dalam Satu Kabupaten

Tahap evaluasi dan perbaikan dari implementasi sistem e-learning di kabupaten percontohan pada tahap sebelumnya (2023-2024)

Evaluasi dan perbaikan, penambahan konten, pelatihanan, pengukuran efektivitas, monitoring dan dokumentasi siklus pertama dalam implementasi di salah satu kabupten

Tahap V (2025) Final Stage: Implementasi e-Learning di Sekolah Menengah (Tingkat Jawa Barat) -> Mitra: Dinas Pendidikan Provinsi

Perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi e-Learning di tingkat jawa barat

E-learning system berbasis Moodle, content delopment, training for trainer di tingkat jawa barat