Departemen Kaderisasi Universitas Telkom adalah suatu departemen dalam HMTI yang bertanggung jawab terhadap proses kaderisasi di HMTI untuk menyiapkan kader-kader yang siap meneruskan kepengurusan HMTI. Departemen Kaderisasi berusaha memberikan pelayanan sepenuhnya berupa pembinaan dan pengkaderan kepada seluruh anggota HMTI. Program kerja yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari konsep-konsep kaderisasi yang telah kami susun.

PROOGRAM KERJA DEPARTEMEN

  1. SOSIALISASI KADERISASI
    Setelah melalui tahap kaderisasi tingkat kampus yakni OMB, sudah sepatutnya mahasiswa tingkat pertama melanjutkan tingkat kaderisasi tahap lanjut yang lebih mengerucut lagi dalam lingkup Jurusan. Untuk memberikan pengetahuan mengenai tahap-tahap kaderisasi yang ada di HMTI, departemen kaderisasi di HMTI memiliki tanggung jawab sebagai monitor untuk mengadakan acara pemberian informasi kepada mahasiswa baru tentang tahapan kaderisasi lanjut. Hal ini berguna untuk mengenalkan esensi penting tentang apa sebenarnya kaderisasi secara umum dan manfaatnya untuk mahasiswa baru di kehidupan kelak.
  2. LEGION
    Mahasiswa/i baru Jurusan Teknik Industri merupakan calon anggota HMTI dimana sebelum menjadi anggota HMTI mahasiswa/i baru diharapkan mengikuti sebuah rangkaian acara yang dapat membentuk mahasiswa/i baru Jurusan Teknik Industri yang beriman dan bertaqwa yang mengenal dan paham seluruh elemen Jurusan Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom, masyarakat serta lingkungan sekitar kampus Universitas Telkom sehingga timbul rasa kekeluargaan, keaktifan, kecintaan dan loyalitas yang tinggi terhadap HMTI dan Fakultas Rekayasa Industri.
  3. EKUIVALENSI
    Ekuivalensi ditujukan untuk peserta yang tidak lulus legion atau kepada yang belum mengikuti legion. Departemen kaderisasi   memberikan kesempatan kedua kepada orang-orang yang masih ingin lulus legion . Rangkaian acara ekuivalensi berbeda dengan legion tetapi yang ditanamkan di ekuivalensi dan di legion memiliki nilai-nilai yang sama.
  4. MALAM PENJAKETAN
    Mahasiswa/i Jurusan Teknik Industri yang telah menjadi anggota Maroon HMTI, sudah seharusnya diberi penghargaan. Oleh sebab itu kami Departemen Kaderisasi HMTI ingin melantik mereka secara simbolis dalam sebuah acara Malam Penjaketan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap HMTI dan Fakultas Rekayasa Industri.