1. Departemen Akademik – Despkripsi Latar belakang dibentuknya Departemen Akademik HMTI Universitas Telkom karena dibutuhkannya suatu departemen dalam HMTI yang khusus difokuskan pada peningkatan kualitas akademik  untuk mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom sehingga meningkatkan pencarian solusi dari masalah yang terkait di bidang akademik, dan juga meningkatkan kualitas akademik  mahasiswa Program Studi Teknik Industri tetap terjaga.
  2. Departemen Human Resource – Despkripsi Departemen Human Resource (HRD) merupakan suatu departemen intern yang bertanggung jawab untuk menjaga kestabilan dan meningkatkan kinerja atau performansi pengurus HMTI. Fungsi HRD diantaranya menjaga performansi pengurus, mempererat kekeluargaan dalam kepengurusan, menumbuhkan loyalitas pengurus terhadap HMTI.
  3. Departemen Generasi Bisnis – Despkripsi Departemen Generasi Bisnis (Genbi) HMTI Universitas Telkom merupakan suatu departemen dalam HMTI yang bertanggung jawab sebagai ujung tombak himpunan dalam urusan pencarian dana yang digunakan untuk membiayai seluruh operasional himpunan, dan membina seluruh Anggota himpunan untuk dapat berinovasi dalam hal kewirausahaan. Hal-hal  yang dilakukan oleh Departemen Generasi Bisnis.
  4. Departemen Kaderisasi – Despkripsi Departemen Kaderisasi Telkom University adalah suatu departemen dalam HMTI yang bertanggung jawab terhadap  proses kaderisasi di HMTI untuk menyiapkan kader-kader yang siap meneruskan kepengurusan HMTI. Departemen Kaderisasi berusaha memberikan pelayanan sepenuhnya berupa pembinaan dan pengkaderan kepada seluruh Anggota HMTI. Program Kerja yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari konsep-konsep kaderisasi yang telah kami susun. Tujuan dengan diadakannya Departemen Kaderisasi yaitu:  Memberikan pembinaan serta proses kaderisasi kepada Anggota HMTI.  Membentuk kader himpunan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, potensial, tangguh, dan bermoral serta memiliki loyalitas tinggi terhadap HMTI dan elemen Fakultas Rekayasa Industri.
  5. Departemen Kemahasiswaan – Despkripsi Departemen Kemahasiswaan (Kamsis) adalah suatu departemen dalam HMTI yang bertanggung jawab terhadap kegiatan  intern mahasiswa serta menjadi penghubung antara mahasiswa Teknik Industri dengan himpunannya
  6. Departemen Komunikasi dan Informasi – Despkripsi Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) merupakan departemen yang berperan dalam mempublikasikan dan memfasilitasi informasi antara HMTI dengan Fakultas Rekayasa Industri dan Telkom University pada umumnya, serta mahasiswa/i Teknik Industri pada khususnya
  7. Departemen Riset dan Kompetisi – Despkripsi Departemen yang bertugas dengan cermat untuk mengamati hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan mahasiswa melalui riset-riset yang dilakukan, dan juga bertanggung jawab dalam merancang pemenuhan kebutuhan keilmuan mahasiswa secara menyeluruh dan menyiapkan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat melalui berbagai macam kompetisi.
  8. Biro Dedikasi Masyarakat – Despkripsi Biro Dedikasi Masyarakat (Birokrat) merupakan biro di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) yang bergerak di bidang eksternal khususnya yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Birokrat melakukan analisis kebutuhan masyarakat di sekitar Telkom University dan mewadahi kontribusi mahasiswa Teknik Industri untuk merealisasikan dalam program kerja dedikasi masyarakat.
  9. Biro Public Relation – Despkripsi Biro Public Relation (PR) merupakan biro yang berada di bawah kepengurusan HMTI 2014/2015 yang memiliki fungsi sebagai jembatan utama HMTI untuk membangun jaringan strategis, serta menjaga hubungan baik dengan pihak internal dan eksternal kampus Telkom University. Tujuan umumnya adalah menjalin relasi antara jurusan Teknik Industri dengan Mahasiswa Teknik Industri serta menjalin relasi antara HMTI dengan himpunan Teknik Industri dari Universitas atau Institusi lain.